Tahap Pembinaan

Tahap – tahap pembinaan untuk menjadi seorang RSCJ

Kisah hidup setiap orang berbeda. Sebelum mengambil keputusan untuk bergabung bersama RSCJ, ada beberapa waktu dan tahap dimana RSCJ saling mengenal satu sama lain. Seorang RSCJ akan mendampingi sang perempuan dan bersama sama menemukan kemana Tuhan memimpin langkah kita..

  1. Live in

Wanita yang tertarik dengan RSCJ tinggal di sebuah komunitas RSCJ. Dalam tahap ini, wanita yang tertarik memiliki kontak yang regular dengan seorang RSCJ untuk mengenal lebih dalam tentang cara hidup, komunitas, doa , dan pelayananan RSCJ.

Ketika anda siap memasuki tahap berikutnya, dan anda yakin ini jalan hidup anda, sang calon bisa mengajukan diri untuk memasuki tahap Postulant.

 

  1. Masa Postulant

Tahap postulant berlangsung selama 6 bulan – 1 tahun, syarat yang paling penting untuk memasuki tahap ini adalah cinta pribadi akan Yesus Kristus. Dalam tahap ini, postulant dan Kongregasi akan lebih saling mengenal. Calon akan didampingi oleh seorang RSCJ dan diberi kesempatan untuk mengalami hidup, spiritualitas, dan pelayanan RSCJ.

Di akhir tahap ini, calon diundang untuk merefleksikan pengalamannya dengan Kongregasi. Dan jika calon ingin melanjutkan memperdalam komitmen terhadap Kongregasi, maka calon mengajukan diri untuk masuk novis.

 

  1. Masa Novisiat

Menjadi seorang novis berarti anda memiliki waktu dan ruang khusus untuk membuat keputusan serius apakah anda dipanggil untuk hidup membiara dalam Kongregasi ini

Tahap ini berlangsung sekitar 1- 2 tahun , dan dalam tahap ini, calon diberikan kesempatan untuk memperdalam semangat, sejarah, dan kehidupan Kongregasi.

Dalam tahun pertama, novis akan fokus pada hidup batin dan relasi dengan Tuhan. Novis didampingi untuk mempedalam hidup doa, dan dalam tahun ini juga, Novis akan menjalani retret 30 hari untuk memperkuat relasi dengan Tuhan.

 

Tahun ke dua merupakan tahun dimana novis mengenal hidup pelayanan dan hidup komunitas. Tahun ini juga mendorong novis untuk mengidentifikasikan jenis pelayanan dan bidan Pendidikan di masa depan.

 

RSCJ adalah Kongregasi Internasional, maka semua novis diminta untuk belajar salah satu Bahasa Kongregasi, biasanya Bahasa Inggris.

 

Di akhir tahap ini, jika novis masih ingin memperdalam komitmen terhadap hidup membiara dalam RSCJ, maka novis meminta untuk mengucapkan kaul pertama untuk 6 tahun.

  1. Kaul Sementara

Orang yang berkaul pertama disebut PTV, Professed Temporary Vows. Sebagai PTV, RSCJ tinggal di sebuah komunitas dan aktif penuh dalam pelayanan yang memberdayakan talenta, Pendidikan dan pengalaman nya sendiri.  Pada tahap ini juga, RSCJ akan diberi kesempatan untuk study formal untuk membantu pelayanan masa mendatang.

Dalam tahap ini RSCJ didampingi dan didukung oleh RSCJ yang bertanggung jawab dalam tahap formasio ini. Di akhir tahap ini, ketika PTV yakin ingin membuat komitmen seumur hidup dalam Kongregasi, PTV berkonsultasi dengan pembimbing. Sebagai bagian dari persiapan kaul kekal, PTV akan menjalani pengalaman Internasional, tinggal di negara lain, untuk memperluas pengalaman terhadap dunia yang berbeda dari negara asal.

Pengalaman Internasional ini juga melingkupi Pendidikan Bahasa, dan pelayanan bagi kaum miskin dan yang terpinggirkan, juga menambah wawasan akan apa artinya menjadi anggota sebuah Kongregasi Internasional.

Tahap PTV akan dipenuhi dengan Pendidikan Intensif di Roma bersama dengan PTV dari negara lain dari seluruh dunia. Kaul kekal akan diucapkan di Roma, dan sesudah kaul kekal, biasanya RSCJ diutus ke negara asalnya

Namun perjalanan belum berakhir disana ….. !

 

 

  1. Kaul Kekal

Waktu seumur hidup

Kehidupan seorang RSCJ adalah kehidupan kerasulan yang penuh cinta. RSCJ memenuhi panggilannya untuk memuliakan Hati Yesus dalam seluruh hidup.

 

Anda punya pertanyaan?

Cara terbaik untuk mengetahui hidup RSCJ adalah bertemu dan berbicara dengan salah satu RSCJ. Kami sangat senang bertemu dan menjawab pertanyaan anda, dan jika memungkinkan, anda bisa mengunjungi komunitas kami. Kontak ini mungkin bisa  membantu memberi informasi kepada anda:

Sr Henni Sidabungke RSCJ

081286186799

rscjindonesia@gmail.com