Semangat Internationalitas

Kongregasi yang dimulai tahun 1800 ini, menjadi Kongregasi Internasional dalam jangka beberapa tahun, RSCJ saat ini ada di 40 negara di seluruh benua.

Dipanggil Untuk Menjadi Satu Tubuh Dalam Kristus

 

Indonesia adalah salah satu  negara dari 40 negara dimana Kongregasi Hati Kudus Yesus berkarya. Setiap RSCJ melihat  diri sendiri sebagai bagian dari  Kongregasi Internasional, dan persatuan ini adalah hal yang penting. Kalimat “Cor Unum et Anima Una in Corde Jesu (Sehati sejiwa dalam Hati Yesus) menjadi satu tanda yang dikenakan setiap orang. Sesudah  18 tahun  RSCJ berkarya, Kongregasi RSCJ menjadi Kongregasi Internasional ketika St. Rose Philippine Duchesne dan  4 teman lainnya       meninggalkan Perancis dan berangkat ke Roma. Semangat Internasionalitas RSCJ  menjadi  bagian penting dalam sejarah RSCJ dan sangat  penting untuk masa depan RSCJ di masa depan.

 

Saat ini,   RSCJ yang sudah berkaul kekal dan tinggal di Indonesia berjumlah 7 orang, dan 6 diantaranya berasal dari negara lain; misalnya India, USA, Jepang, dan Provinsi Inggris.  Kenyataan hidup internasionalitas  di Indonesia menjadi bukti Kongregasi yang ingin menghidupi semangat “Satu tubuh dalam Kristus Yesus”